ASET DIGITAL SEBAGAI INVESTASI MASA KINI

Apa sih Aset Digital itu?

Business vector created by pch.vector - www.freepik.com


Sekarang ini semua perusahaan mulai berpindah ke digital dan itu memiliki arti asset digital ada dimana saja. Istilah asset digital kemungkinan bukanlah hal yang asing untuk beberapa pelaku bisnis khususnya mereka yang ada dalam industri inovatif. Asset digital dilukiskan sebagai suatu hal yang dicontohkan berbentuk digital yang mempunyai nilai intrinsik atau pencapaian. Kuncinya berada pada apa file itu bisa menambahkan nilai untuk perusahaan. 

Pada umumnya, asset digital ialah segala hal yang diletakkan secara digital dan memberi nilai untuk pribadi atau perusahaan. Ini bisa berbentuk gambar/photo, text, video, audio, PDF, design/grafis, slide presentasi, spreadsheets, dan web.


Pengertian dari istilah ini kemungkinan terus akan berbeda bersamaan dengan perubahan tehnologi. Saat pola file digital baru diketemukan, file itu bisa dipertambah ke asset digital. Asset digital memberi representasi visual dari produk atau service Anda, dan memungkinkannya Anda tersambung dan mengikutsertakan sasaran audience lewat bermacam aliran dan media.

 Ada 3 komponen kunci yang jadikan dokumen atau file sebagai asset digital:

  1. Aset digital harus berupa file digital punya pribadi/perusahaan
  2. File itu harus memberi nilai untuk pribadi/perusahaan
  3. Kemudian harus gampang dijangkau, dicari, dan dialokasikan

Contoh Asset Digital

Asset digital mulai terkenal saat dompet digital mulai banyak muncul untuk memberi service penyimpanan yang digital atau alat transaksi bisnis digital ke khalayak. Di zaman tehnologi ini segala hal bisa beralih menjadi asset digital bila Anda bisa manfaatkan asset itu sampai memberi nilai. Berikut contoh-contoh asset digital yang terkenal:


1. Crypto

Tipe asset digital mata uang crypto atau cryptocurrency adalah wujud investasi asset digital yang paling polemis. Asset digital berbentuk mata uang crypto direncanakan sebagai media transisi memakai kriptografi.

Crypto tidak diproteksi oleh kewenangan keuangan di Indonesia karena terlampau berefek dan dikontrol oleh miliarder. 

Misalkan, saat transaksi bisnis sedang tinggi, karena itu nilai bitcoin (salah satunya mata uang crypto) akan turut naik, tapi bakal ada waktu nilainya jeblok bila terjadi pemasaran besar. Meskipun tingkat resiko tinggi dan tingkat keamanannya rendah, crypto masih mempunyai pecinta yang cukup tinggi.


2. Saham dan Reksa Dana

Saham dan reksa dana mempunyai ide yang serupa dengan crypto. Investasi berbentuk asset digital saham dan reksa dana telah banyak dilaksanakan oleh warga karena keringanan transaksi bisnisnya yang dapat dilaksanakan lewat cara online.


3. Sosial Media

Account media sosial punya perusahaan, selebgram, atau influencer yang sudah membuat tapak jejak digital atau gambar dan bisa memengaruhi penganutnya dengan banyaknya followers di account sosial media dan bisa memberi dampak ke mereka, account sosial media sukses memberi nilai dan jadi salah salah satunya wujud asset digital yang bernilai di jaman ini.

Keuntungan melakukan transaksi Asset Digital

Asset digital dapat diperjualbelikan secara online, tapi gak bisa disaksikan serta dirasakan secara nyata. Walau asset digital ga bisa dirasakan secara nyata, asset digital termasuk asset riil yang dapat di claim kepemilikanya serta di atur jumlahnya. Sobat bisa jual, beli, dan simpan asset digital dengan cara online. Berikut manfaat dari memperdagangkan digital asset:

1. Alternative Penghasilan Pasif

Sobat dapat manfaatkan reputasi dengan menambahkan penghasilan. Misalkan, bila sobat memiliki banyak pengikut di sosmed, sehingga datang penawaran endorsement dan kerjasama pasti berdatangan. Meskipun tidak selamanya berbentuk duit, account medsos sobat dapat memperoleh engagement atau prodak tak sehingga perlu keluarkan duit lagi.

2. Gampang Diperjualbelikan

Keuntung dari asset digital yang lain yakni benar-benar gampang diperjualbelikan kapan saja di mana saja, sepanjang sobat mempunyai koneksi internet. Ga seperti pasar saham yang harus mengikuti hari serta jam operasional, digital asset bisa diperjualbelikan sepanjang waktu selama seharian penuh.

3. Lebih Terbuka

Digital asset lebih terbuka infonya dibanding instrument investasi yang lain, karena asset digital memakai mekanisme blockchain. Blockchain sebagai tehnologi komputasi yang membuat blok-blok sehingga saling tersambung keduanya hingga semua info baik dari transaksi bisnis dan pencarian asset bisa dijumpai.

Kerugian melakukan Jual beli Asset Digital

Saat sebelum melakukan investasi ke asset digital. Sobat perlu ketahui kelebihan dan kekurangan pada instrument investasi ini. Kekurangan dari transaksi asset digital diantaranya:

1. Masih banyak Negara yang tidak siap

Ada banyak sekali asset digital yang memipunyai sifat unregulated atau mungkin tidak dipantau oleh kewenangan yang berkuasa. Banyak negara tidak siap untuk hadapi perkembangan asset digital dengan cepat sekali. Inilah yang membuat kewenangan berasa kesusahan saat membuat pemantauan dengan optimal.

2. Tidak ada Pelindungan Customer

Belum ada peraturan yang terang, karena itu customer/investor asset digital ga bisa terproteksi dengan optimal. Walau telah ada instrument asset digital yang sudah masuk peraturan, tetapi semua risiko akan diberikan seutuhnya ke customer.

3. Masih banyak yang menganggap bukan Investasi yang Murni

Ada banyak yang berasumsi jika asset digital bukanlah investasi  murni, tapi sebagai instrumen bertrading. Pada harga yang paling naik-turun, Sobat dapat memperoleh untung yang sangat gede  dalam sekejap, tapi bisa juga memperoleh rugi yang sangat gede dalam sekejap.

Asset digital juga dapat sebagai asset yang dianggap unik dan baru, oleh karena itu sangat perlu untuk pahami langkah kerja asset digital serta resiko dan kesempatan dari asset digital tersebut. Salah satunya wujud lain asset digital dari faktor usaha ialah hubungan yang terikat bersama beberapa konsumen setia.

LihatTutupKomentar