Bisnis Online Tanpa Modal, Emang Bisa?

Bisnis Online Tanpa Modal? 

Benar Bisa Atau Cuma Mitos?

Background photo created by jcomp - www.freepik.com

Mengawali bisnis tanpa memiliki modal rasanya seperti mimpi disiang bolong. Tetapi, tidak berarti jika akan memulai usaha kamu harus merogoh semua uang tabunganmu sob, bila sobat gak memiliki modal lalu sobat gak dapat memulai usahanya sendiri. Kenyataannya, di jaman serba digital sekarang ini apa bisa mengawali usaha dengan cara online tanpa mengeluarkan modal?

Bagaimana triknya? Apakah benar Sobat dapat memiliki? Apa hanya sekadar mitos dan mimpi saja? Mari baca artikel berikut sampe akhir ya.

Mitos serta faktanya ketika mengawali bisnis dengan tanpa memiliki modal

Diawal saya sudah bilang, beberapa orang yang berasumsi jika mengawali usaha online gak memerlukan modal untuk memulai bisnisnya. bisa saja bisa, namun Sobat bakal susah maju bila gak mempunyai uang sama sekali sebagai modalnya.

Mengapa? Sukai atau tidak, tiap usaha baru membutuhkan uang serta waktu sebagai modal utamanya. Bila Sobat gak memiliki itu semua, maka sobat akan menghasiskan banyak waktu untuk proses berkembang dan akan tertinggal jauh oleh pesaing yang memiliki modal lebih banyak. 

Ada beberapa hal yang dapat membuat usaha Sobat berkembang lebih cepat bila punyai uang misalnya :
  • Biaya pemasaran online (berpromosi)
  • Pengembangan content dan sistem terdistribusi.
  • Biaya produksi.
  • Beban operasional
  • Biaya management
  • Biaya tools buat keproduktifan dan efektivitas, ongkos pembikinan web, dll.
Upah pegawai, pendesain, atau siapa saja yang turut serta untuk mengawali usaha.

Bila sobat punyai uang, sobat tak perlu lakukan operasional sendiri serta lebih efektif dalam memulai usaha. Bahkan juga untuk mengawali usaha dari sejak awalnya juga, seharusnya Sobat harus punyai bujet pemasaran. Beberapa point di atas bisa ditangani bila Sobat dapat kerjakan semua sendiri lebih dulu.

Penyediaan barang dapat dilaksanakan melalui mekanisme rebranding produk, dropshiping atau menjadi reseller. agar ongkos dapat ditekan, sobat harus lebih berusaha keras serta menginvestasikan banyak waktu agar mempunyai penghasilan yang sebanding.

Panduan mengawali usaha online meski gak ada modal

Jika Sobat terhitung orang yang memiliki cita-cita jadi seorang wiraswastawan tetapi tidak punyai modal, berikut artikel yang tepat untuk sobat baca agar dapat segera merealisasikan usaha sobat:

1. Kita awali dari yang sobat punyai saat ini

Salah satu jalan yang dapat membuat sobat berhasil, diawali mulai gimana Sobat manfaatkan sumber daya yg sobat miliki sekarang ini. Hal itu dapat diaplikasikan pada awal cara Sobat, yaitu dengan cari gagasan usaha.
Mulai jawab pertanyaan yang sering muncul, seperti:

  • Apa bidang yang sobat kuasai?
  • keterampilan apa yang sobat miliki?
  • Ketertarikan apa yang sobat sukai dan selanjutnya dapat diganti jadi sebuah usaha berbasiskan servis atau pelayanan?
  • Sekang sudah memiliki asset apa aja? Dan sebagainya.
Bahkan dengan mulai memercayakan beragam kapabilitas dasar maka telah menjadi perbekalan untuk langkah mengawali usaha tanpa modal serupiahpun. Terhitung dari memanfaatkan beberapa aset yang rata-ra dimiliki sobat mahasiswa yaitu netbook serta jaringan internet.

Intinya, sobat harus mamaksimalkan semua barang yang sobat punyai agar dapat di manfaatkan , karena itu dapat menambah sumber pendukung yang dapat Sobat pakai untuk membentuk dan meengembangkan usaha sobat.

2. Bertahan di pekerjaan yang sekarang

Memilik untuk berhenti pada pekerjaan yang saa ini dijalani untuk memaksimalkan di bisnis yang baru, terdengar sanggat bagus namun nyatanya itu bukanlah solusi yang terbaik.
Pelaku bisnis yang berhasil memanglah gak ragu dalam mengemabil resiko tetapi kamu juga mesti rasional dalam menghadapi kenyataan.

Cara pas yang dapat Sobat kerjakan ialah dengan membentuk dalam keadaan masih bekerja. Karena, pekerjaan bisa memberi Sobat keamanan untuk mendapat pendapatan yang konstan, sekalian jadi jalan keluar disaat usaha Sobat mengalami pengurangan.

Yap, memulai usaha online tak bermodal maka akan membuat lelah pikiran serta tenaga. Namun, kalau Sobat mau bertahan sampaibeberpa waktu, bukan tidak mungkin jika usaha sobat akan terbayarkan dengan kemajuan yang pesat.
Sampai nanti, saat Sobat ingin memusatkan ke usaha saja, keputusan resign dari tugas dapat semakin oke.

Minimal karena ada pendapatan rutin, rasa cemas Sobat dapat semakin menyusut bila ingin lakukan beragam tindakan utama pada usaha. Misalkan, membuat prototipe produk hasil celengan  gaji tiap bulan, menerima pegawai atau jalankan beragam tipe promo di sosmed dan masih banyak llainya.

3. Menggunakan account medsos

Langkah yang harus sobat lakukan berikutnya untuk merealisasikan usaha sobat yang gak memiki modal adalah membuat akun sosmed karena membuat akun sosmed itu gratis. Sosmed bisa sobat gunakan sebagai media promosi produk yang akan di tawarkan. 

System ini lumayan strategis karena medsos sekarang sangat erat dan tidak bisa lepas dari prilaku sehari hari masyarakat. dengan pendekatan ini sobat akan mendapatkan banya cutomer sebagai calon pembeli karena mendapat informasi dari sosmed yang sering mereka buka.

Selain membuka account sosmed , sobat juga bisa membuka account di web ecommerce online. masih banyak penyedia website dan aplikasi penjualan yg gratis dalam pembuatan akunnya. Ini dapat meningkatkan produk sobat lebih terkenal secara luas Kembali oleh calon pembeli.

Selain itu sobat juga bisa memnbangun blog atau situs webtite sendiri, supaya usaha sobat makin berkembang secara pesat. Sobat dapat mulai membangun web yg menawarkan domain dan hosting gratis dulu untuk memulainya. Cara ini tidak ada salahnya untuk di coba karena sedikit demi sedikit maka akan terlihat hasil yang jelas keuntunganya.

4. Pakai Rekanan dan Famili

Langkah terakhir pada usaha online tapa modal adalah mulai memanfaatkan jaringan pertemanan sobat. Sobat dapat mengajak teman, sanaksaudara agar mulai mempromosikan semua produk yang sobat jual. Dengan mengajak teman, sobat akan mengurangi ongkos pemasaran produk yang mungkin bisa besar jika target pasarnya luas.

5. Coba crowdfunding

Bila Sobat berasa jika usaha Sobat bisa membuat orang tertarik untuk bergabung, Sobat dapat menimbang Crowdfunding. Ada beragam jenis basis Crowdfunding. contohnya Indiegogo, Gofundme dan Kickstarter agar mempermudah Sobat cari dalam kontribusi modal.

Ada banyak mode web Crowdfunding yg terkenal misalkan Akseleran, Gandeng tangan, Kolase.com, Kitabisa.com dan masih banyak yang lainya.

Tetapi, harus diingat jika mekanisme Crowdfunding sangat bersaing. Hingga minimal, Sobat mesti punya produk yg bersifat inovatif untuk menarik customer.

Maka dari itu, bila Sobat betul-betul merencanakan untuk memakai Crowdfunding, yakinkan Sobat sudah lakukan riset. Dan jika memang perlu, coba untuk mencapai beberapa pelaku bisnis yang sudah sukses memakai Crowdfunding untuk minta tuntunan mereka.

Panduan percepat usaha berkembang

Sesudah usaha online Sobat berjalan lebih baik, jangan sampai dilupakan untuk meningkatkan usaha ke tahapan seterusnya dengan sigap. Gimana triknya?

Sobat bisa mulai memakai yang berbayar untuk mendukung serta mempermudah usaha sobat.
LihatTutupKomentar